Tragedi Jepang: 612 Tewas, 700 Hilang


Gempa terdahsyat dalam kurun lebih dari 100 tahun terakhir dalam sejarah Jepang.

VIVAnews – Polisi Jepang memperkirakan bahwa jumlah orang, yang tewas maupun yang masih dinyatakan hilang akibat gempa dan tsunami, hingga Sabtu pagi sebanyak 1.200 jiwa. Lebih dari seribu rumah hancur akibat bencana yang melanda pesisir bagian timur laut Jepang Jumat kemarin.

Kantor berita Kyodo, mengutip laporan kepolisian Jepang, mengungkapkan bahwa jumlah korban tewas saat ini sedikitnya 398 jiwa. Selain itu 805 warga masih dinyatakan hilang setelah gempa berkekuatan 8,9 Skala Richter (SR), yang diikuti tsunami hingga setinggi 10 meter.

Namun, menurut kabar terakhir dari akun twitter KBRI Tokyo, jumlah korban tewas bertambah dan yang hilang kian berkurang. Sebanyak 612 meninggal dan sekitar 700 hilang, demikian pesan KBRI Tokyo melalui Twitter dengan mengutip media massa setempat.

Saat ini pencarian korban masih berlangsung, pihak berwenang khawatir bahwa jumlah orang tewas bisa mencapai lebih dari 1.000 jiwa. Gempa bumi pada Jumat kemarin diyakini merupakan yang terdahsyat dalam kurun lebih dari 100 tahun terakhir dalam sejarah Jepang.

“Ini merupakan gempa bumi terbesar sejak Era Meiji [abad ke-19]. Dikhawatirkan lebih dari 1.000 jiwa tewas,” kata Menteri Kepala Kabinet Yukio Edano, Sabtu 12 Maret 2011.

Pencarian korban masih berlangsung dan pihak berwenang kini juga harus berjuang keras mengatasi rusaknya fasilitas sejumlah reaktor nuklir agar tidak terjadi kebocoran radioaktif.
• VIVAnews

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: