Haaretz: Hamas Mulai Aksi Penculikan Tentara Yahudi di Tepi Barat



Al Quds-Infopalestina: Surat Kabar Israel, Haaretz, mengklaim bahwa pasukan Israel dan otoritas Fatah mengungkap 6 kelompok Hamas yang berupaya membunuh pemukim Israel dan menghilangkan jenazah mereka untuk ditukar dengan tawanan di penjara Israel selama fase lalu.

Surat kabar Haaretz edisi Jumat (11/3) menyatakan bahwa Hamas di Tepi Barat mulai melakukan penculikan terhadap sejumlah tentara dan pemukim yahudi dalam beberapa bulan terakhir.

Menukil dari sumber keamanan otoritas Fatah dan pasukan Israel, bahwa aktifis Hamas merencanakan pembunuhan terhadap warga zionis dengan tembakan dan mengubur jasad mereka untuk dinegosiasikan kemudian.

Hal ini disebabkan suasana sulit yang dihadapi Hamas akibat penangkapan bersama oleh intelijen Israel dan milisi Abbas di Tepi Barat.

Surat kabar mengklaim bahwa Hamas telah membuat perencanaan setahun terakhir ini, sebagai bagian dari upaya mengembalikan jaringan militernya yang terpaksa melakukan intifadhah kedua, untuk mengembalikan kepada posisinya semula.

Otoritas Fatah dan Israel menegaskan telah mengungkap di kawasan Ramallah sebanyak 5 kelompok telah merencanakan upaya penculikan dengan kasus yang hampir mirip.

Disebutkan bahwa upaya yang paling menonjol tercatat pada 1 September tahun lalu, setelah aksi tembakan yang mengenai 4 warga yahudi dekat pemukiman Beit Hijai di kawasan Hebron, kelompok lainnya melakukan hal yang sama di pemukiman Raimonim di Timur Ramallah.

Disebutkan bahwa mobil yang ditumpangi suami istri yahudi, mengalami tembakan dari senjata kalasinkov dan mengenai dua orang ini, namun tidak menewaskannya, keduanya berlari menghindari serangan ini.

Sumber menyatakan, pasukan keamanan Fatah melakukan penangkapan terhadap anggota kelompok ini dalam 24 jam di Ramallah, 3 dari mereka masih ditawan dan akan diajukan ke pengadilan.

Dalam investigasi terungkap bahwa mereka bertujuan membunuh dan menghilangkan jenazah, sebelum aksi ini telah dipersiapkan galian di dekat desa tempat tinggal mereka, Silwad Timur Ramallah.

Surat kabar menambahkan, selama satu tahun terakhir, 5 kelompok lainnya telah ditawan di kawasan Ramallah. Sebagian kelompok ditawana pihak Fatah dan mayoritasnya terkait dengan Hamas, yang bertujuan menculik pemukim yahudi di Tepi Barat. (yub)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: