“Jalan Yahya Ayash” di Ramallah Gegerkan Amerika dan Israel


[ 10/04/2010 – 02:17 ]

Detikworld-Jerusalem – Infopalestina: Bahkan sampai sudah mati pun, asy-Syahid Komandan Yahya Ayyash masih meresahkan dan menggegerkan Israel. Namun kali ini adalah nama sebuah jalan di kota Ramallah. Akibat nama jalan itu, pemerintah penjajah Israel mengkritik keras Otoritas Palestina yang berpusat di Ramallah.

Israel menolak penamaan naman jalan itu dengan tokoh yang menurut mereka perusak dari Hamas Yahya Ayyash. Karena Ayyash dianggap bertanggungjawab langsung atas sejumlah serangan besar yang menyebabkan korban jatuh di kalangan Israel sebelum ia dibunuh pada tahun 1996.

TV 10 Israel dua hari lalu menurunkan laporannya tentang peresmian nama jalan dengan Yahya Ayyash di sebuah jalan di Ramallah.

Menurut pemerintah penjajah Israel, tindakan ini sebagai provokasi terang-terangan untuk melakukan terorisme.

Kritikan Israel ini setelah PM Israel Benjemen Netanyahu dua bulan lalu mengkritik Otoritas Palestina yang meresmikan lapangan di kota Beerah dengan nama Syahidah Dalal Magribi pelakukan serangan bom terkenal pada tahun 1978 terhadap Israel. Otoritas Palestina akhirnya mengalah.

Pada saat yang sama, pemerintah Amerika juga mengecam tindakan pengabadian dan pemuliaan apa yang mereka sebut sebagai “teroris” dan meminta penghentian tindakan profokasi terhadap Israel.

Jubir kementerian luar negeri Amerika di Washington pada Kamis lalu (8/4) menyatakan, penghormatan terhadap kelompok ‘teroris’ yang membunuh kelompok sipil mencederai upaya perdamaian dan harus dihentikan. (bn-bsyr)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: