Lilin Kebebasan Sinari Jalan Gaza


[ 06/04/2010 – 03:50 ]

Detikworld-Gaza – Infopalestina: Demonstrasi Lilin Kebebasan, kemarin menyinari jalan-jalan di Gaza yang terblokade. Ratusan anak-anak keluar melakukan aksi demonstrasi, dalam rangka memperingati hari anak sedunia, Senin (5/4).

Acara ini terlaksana, berkat undangan komisi rakyat anti blokade serta komisi nasional solidaritas tawanan. Anak-anak berkumpul di lapangan al-Jundi, sebelah barat kota. Ada puluhan anak kakak beradik dan semuanya kehilangan ayah mereka yang hingga kini masih mendekam di penjara Israel, mulai dua tahun hingga 10 tahun.

Puluhan anak Palestina memegang sepanduk yang menuntut pembebasan ayah mereka di penjara sambil membawa sejumlah orang tuanya, sebagai gambaran atas penderitaan mereka. Sebagian mereka bahkan belum pernah melihat ayahnya sejak lahir. Mereka tumbuh besar dan menadapatkan dirinya tak berayah.

Pemerintah Zionis mengaluarkan kebijakan baru, melarang 775 keluarga tawanan di Gaza mengunjungi anggota keluarga di dalam penjara, sejak diberlakukanya blokade Gaza tahun 2006 yang lalu. Mereka membuat peraturan yang melarang para pejuang illegal sanak keluarganya dari Gaza.

Menteri urusan tawanan, Muhamamd Faraj Ghaul yang juga ikut dalam aksi tersebut menyebutkan, pemerintah Israel hingga kini masih menahan 330 anak-anak di bawah umur. Tindakanya tersebut jelar bertentangan dengan semua piagam internasional terkait hak-hak anak.

Ia menyebutkan, semua tawanan anak ditangkao militer Israel dari rumah orang tua mereka secara tidak hormat. Aksi mereka telah menodai hak-hak anak, akibat tidak adilnya dunia internasional secara umum dalam masalah tawanan dan secara khusus masalah tawanan anak.

Di pihak lain, ketua komisi rakyat anti blokade, Jamal Khudari mengatakan, anak-anak tawanan hidup dalam penderitaan berlipat-lipat. Mereka pun hiudp di dalam penjara raksasa Gaza. pada saat yang sama, mereka dilarang mengunjungi ayah mereka di dalam penjara, dengan alasan demi keamanan.

Ia menambahkan, para tawanan adalah tonggak perjuangan dan pionir pahlawan bagi rakyat Palestina yang menanggung penderitaan dan kesengsaraan di dalam penjara Israel dengan penuh kesabaran menerima kezaliman kejahatan penjajahan. (asy)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: