Tahanan Palestina di Aovar Mulai Melawan Sipir Israel


[ 01/04/2010 – 09:12 ]

Detikworld-Ramallah – Infopalestina: Tahanan Palestina di penjara Israel Aovar mulai menggelar aksi kecaman dan melawan pelanggaran-pelanggaran dinas tahanan Israel baik terhadap tahanan sendiri atau keluarga mereka. Mereka mengumumkan mogok makan penuh hari ini Kamis (1/4) dan mengembalikan semua jatah makanan. Langkah ini akan dikoordinasikan dan digelar di penjara-penjara lainnya sesuai dengan program yang dicanangkan oleh pimpinan gerakan tahanan.

Kepala Pusat Studi Tahanan dan HAM Fuad Hafsh menegaskan, rangkaian langkah yang akan digelar oleh tahanan Palestina di penjara Israel saat ini akan berlanjut hingga menjadi gerakan perjuangan lebih besar jika Israel tidak merespon tuntutan-tuntutan tahanan.

Ia menambahkan, hal ini dilakukan karena kondisi di penjara sedang melalui masa paling buruk. Sebab dinas Israel tetap pada sikap arogannya dan sikap pengekangannya terhadap tahanan. Israel justru memanfaatkan kondisi di luar penjara berupa perpecahan Palestina dan mengurangkan dukungan terhadap masalah tahanan.

Hafsh mengatakan, tuntutan tahanan adalah tututan keadilan dan legal yang dijamin oleh undang-undang dan konvensi internasional soal tahanan yang ditetapkan oleh konvensi-konvensi Jenewa secara khusus.

Tuntutan itu adalah mengeluarkan tahanan yang disel pribadi, Hasan Salamah, Ibrahim Hamid, Ahmad Sa’dat, Muhannad Syuraim, Athwah Amur, Mahawish Nuaimat, Hisyam Syirbati, Muhammad Jamal Natasyah, Mu’taz Hijazi, Ahmad Magribi, Jamal Abu Haija, dan Mahmud Isa.

Selain itu, mereka juga menuntut agar keluarga tahanan dari Gaza diberi kesempatan untuk menjenguk keluarga mereka di tahanan, mengembalikan siaran Aljazeera di penjara, memperbaiki kondisi tahanan dari sisi makanan kualitas dan kwantitasnya, menghentikan pemeriksaan secara telanjang, memberikan kesempatan ujian bagi tahanan pelajar SMU, memperhatikan kondisi sakit tahanan, memberikan layakan bedah bagi tahanan yang membutuhkannya, tidak meremehkan keluarga tahanan saat kunjungan dengan cara merobek-robek dokumen mareka.

Hafsh meminta kepada agar public Palestina mendukung gerakan tahanan dan mendukung tuntutan mereka terhadap keadilan dan perlawanan mereka terhadap sipir Israel. (bn-bsyr)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: