Hamas: Pembebasan Aruri Bukan Bagian dari Pertukaran Tahanan


[ 01/04/2010 – 03:42 ]

Detikworld-Beirut – Infopalestina: Wakil Gerakan Perlawanan Islam Hamas di Lebanon, Osama Hamdan, menampik bahwa pembebasan Shaleh Aruri dan keberangkatannya ke Damaskus, adalah bagian dari paket pertukaran tahanan. Dia menambahkan bahwa kesepakatan itu tetap terhenti oleh kerasnya sikap penjajah Zionis.

Hamdan mengatakan, “Saya jelaskan kembali, tidak ada yang baru dalam masalah kesepakatan pertukaran tahanan, yang menghambat adalah penjajah Zionis. Karenanya kesepakatan masih seperti semula. Pimpinan Hamas terus mengikuti proses ini. Secara umum prose situ terhenti sejak kompleksitas Zionis terakhir.”

“Kami menghargai sikap saudara para tahanan yang selalu mendukung sikap pimpinan Hamas dalam pengelolaan kasus pertukaran, mereka mendukung tim yang sedang bernegosiasi. Bahkan mereka juga menyampaikan model khusus ketika penjajah mencoba menciptakan kesenjangan antara mereka. Mereka mengirim pesan yang mengatakan bahwa meskipun nama mereka tidak terdaftar, namun mereka tidak bisa menerima kesepakatan itu dimanipulasi oleh penjajah Zionis. Mereka minta gerakan Hamas agat tidak merasakan tekanan apapun dan mereka bersedia untuk mendukung sesama tahanan. Ini adalah sikap mulia dari para tahanan yang telah menderita bertahun-tahun lamanya,” ungkap Hamdan.

Hamdan menuduh Otoritas Palestina berupaya mengaborsi pertukaran tahanan. Dia mengatakan, “Saya yakin ada beberapa pihak yang khawatir tentang prospek keberhasilan kesepakatan ini. Mereka tidak ingin kesepakatan ini berhasil. Bahkan beberapa meminta untuk tidak membebaskan nama-nama tertentu. Beberapa penasehat presiden Palestina mengatakan kepada pemerintah Amerika bahwa pembebasan tahanan Palestina dalam konteks kesepakatan pertukaran akan melemahkan kelompok kompromi.” (asw)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: