Emir Qatar Memboikot Pidato Abbas dan Meninggalkan Ruangan


[ 28/03/2010 – 06:36 ]

Detikworld-Sirte/Libya – Infopalestina: Emir Qatar Sheikh Hamad bin Khalifa Ali Thani, mantan ketua pelaksana KTT Liga Arab, memboikot pidato Kepala Otoritas Palestina Mahmud Abbas. Hamad meninggalkan ruangan KTT Arab di Sirte, Sabtu (27/3), setelah menyerahkan pimpinan kepada presiden Libya Kolonel Muammar Gaddafi, yang saat ini negaranya menjadi tuan rumah pertemuan ke-22 Liga Arab.

Keluarnya Hamad dari ruang pertemuan KTT bersamaan dengan saat Mahmud Abbas menyampaikan pidatonya, yang ia gunakan untuk melancarkan serangan terhadap Gerakan Perlawanan Islam Hamas dan kembali memberinya label sebagai gerakan “kudeta”.

Disebutkan bahwa dalam pidatonya Abbas melancarkan serangan terhadap Gerakan Perlawanan Islam Hamas dan menuduh telah menggagalkan rekonsiliasi. Abbas menyerukan kepada Hamas untuk menandatangani proposal Mesir mengembalikan kepada kotak suara. Hal inilah yang mendorong Kolonel Qaddafi untuk mengomentari pidato Abbas, dengan menyatakan bahwa mayoritas orang-orang muda yang marah di wilayah-wilayah Palestina yang diduduki bisa jadi merupakan respon yang lebih kuat dari apa yang diprediksi oleh para peserta KTT Arab.

Para pengamat KTT Arab, yang diadakan di Sirte, Libya, memonitor adanya ketegangan tajam antara Presiden Libya Muammar Gaddafi dan Presiden Otoritas Palestina Mahmud Abbas. Sampai Gaddafi mengomentari pidato Abbas bahwa dia tidak lagi satu-satunya yang mewakili rakyat Palestina. (asw)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: