RI Kecam Israel di Sidang Dewan HAM



23/03/2010 16:42
Detikworld, Jenewa: Pemerintah Indonesia mengutuk keputusan provokatif Israel yang membangun 1.600 permukiman di Jerusalem Timur, serta 120 permukiman di Bethlehem. Indonesia juga mengecam keras keputusan pemerintah Tel Aviv yang mendaulat Masjid Al-Haram Al-Ibrahimi di Hebron dan Masjid Bilal di Bethlehem sebagai hak milik Israel.

Hal itu ditegaskan Dian Triansyah Djani, Ketua Delegasi RI di hadapan Sidang Dewan Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) ke-13 di Jenewa, Swiss, Senin (22/3) waktu setempat. “Keputusan Israel tersebut merupakan pelanggaran hukum internasional, khususnya Konvensi Jenewa, yang melarang perubahan atau modifikasi tempat peninggalan agama,” kata Dian yang merupakan wakil tetap RI untuk PBB, Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) dan organisasi internasional lainnya.

Dalam sidang ini juga dibahas mengenai tindak lanjut rekomendasi dari laporan Tim Pencari Fakta Independen PBB mengenai dugaan pelanggaran HAM semasa konflik senjata di Jalur Gaza pada awal 2009 (Goldstone Report). Indonesia berpandangan, Israel belum sepenuhnya menindaklanjuti rekomendasi yang telah disahkan melalui Sidang Khusus Dewan HAM ke-12 pada Oktober 2009 itu.

Delegasi RI juga menyampaikan keprihatinan mendalam atas situasi HAM dan kemanusiaan yang kian memburuk, khususnya di Jalur Gaza. Israel dianggap telah melanggar hak sipil, politik, ekonomi, dan sosial budaya penduduk Palestina. Seperti pembatasan akses ke Masjid Al-Aqsa, penggusuran secara paksa, penyiksaan dan penangkapan semena-mena yang telah dilakukan Israel.

Rencananya, Sidang Dewan HAM ke-13 kali ini akan mengambil keputusan terhadap tiga resolusi mengenai situasi HAM di Palestina. Serta, satu resolusi mengenai tindak lanjut rekomendasi Goldstone Report.(TES/ANS/Ant)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: