PSSI Incar Rob Baan Sebagai Direktur Teknik


Senin, 22 Maret 2010, 17:25 WIB

PSSI

JAKARTA-Detikworld-PSSI urung menunjuk Ruud Krool sebagai direktur teknik. Sebagai gantinya, PSSI meminta Rob Baan untuk mengisi posisi tersebut.

Baan sebelumnya menjadi direktur teknik Australia, tim usia muda Belanda, klub Uni Emirat Arab Al-Jazeera, serta klub Liga Belanda Feyenoord Rotterdam dan ADO Den Haag.

“Krool tidak bisa menjadi direktur teknik, makanya kita meminta kesiapan dari Baan,” kata Sekjen PSSI Nugraha Besoes, Senin (22/3).

Selain direktur teknik, pria kelahiran 1 April 1943 ini juga pernah menjadi pelatih di sejumlah klub Liga Belanda dan asisten pelatih timnas Belanda. Baan terakhir menjabat sebagai direktur teknik asosiasi sepak bola Australia pada 2007-2008 dan tidak bertugas lagi sejak itu.

Jika mencapai kesepakatan dengan PSSI, Baan akan bertanggungjawab terhadap program timnas PSSI di berbagai usia.

Sementara itu, pelatih Alfred Riedl akan diposisikan menangani timnas U-23. Riedl akan dikontrak selama tiga tahun dengan bayaran 12 ribu dolar AS per bulan.

“Draft kontrak Riedl sedang dibuat, dan kalau dia setuju, dia akan segera datang ke Indonesia bulan ini untuk langsung bekerja,” kata Nugraha.

Riedl juga mendapat fasilitas apartemen dan mobil. Beberapa barangnya dari Austria juga akan dibawa ke Indonesia atas biaya PSSI.

PSSI tidak menunjuk pelatih timnas senior karena mempersiapkan timnas U-23 sebagai tim masa depan. Konsekuensinya, timnas U-23 yang ditargetkan meraih emas di SEA Games 2011, akan tampil di sejumlah even sepak bola termasuk Piala AFF dan pra piala dunia.

“Timnas senior hanya muncul di pra piala dunia dan itu pun masih belum pasti apakah tahun ini atau tahun depan. Makanya kita putuskan tidak ada pelatih timnas senior,” imbuh Nugraha.

PSSI rencananya menyelenggarakan turnamen sepak bola menyambut ulang tahun PSSI yang jatuh pada 19 April. Namun rencana ini kandas karena sejumlah peserta kesulitan tampil bulan depan.

PSSI disarankan oleh Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) untuk memundurkan turnamen. Akhirnya diputuskan turnamen akan digelar pada bulan Agustus memanfaatkan momentum Piala Kemerdekaan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: