Hillary Tuduh Israel Paksakan Pembicaraan Damai


23/03/2010 17:35
Detikworld, Washington: Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Hillary Clinton kembali menuduh pihak Israel telah memaksa AS untuk lakukan pembicaraan damai dengan mengumumkan rencana pembangunan pemukiman baru di Yerusalem Timur, yang diklaim Palestina sebagai wilayah milik mereka.

Senin (22/3), Clinton yang hadir dalam pertemuan dengan organisasi pro Israel menyampaikan permintaan pemerintah AS untuk membongkar proyek pemukiman baru tersebut. Menurut Clinton pembangunan pemukiman tersebut dapat menggerogoti rasa saling percaya dan juga bisa membahayakan rencana perundingan tidak langsung yang merupakan langkah pertama menuju perundingan perdamaian.

Dia juga mengatakan Amerika Serikat sangat keberatan dengan pengumuman Israel, karena bagi AS, mereka berkomitmen untuk Israel dan keamanannya, yang AS percaya bergantung pada perdamaian yang komprehensif.

Sebelumnya, seperti dilansir NHK, Selasa (23/3) Israel mengumumkan rencana untuk memperluas permukiman di Yerusalem Timur segera setelah mencapai kesepakatan untuk melanjutkan pembicaraan perdamaian dengan Palestina, yang ditengahi oleh Amerika Serikat.

Presiden Barack Obama nantinya diharapkan dapat mendorong Israel untuk membuat kemajuan dalam pembicaraan damai tidak langsung ketika ia bertemu dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu di Washington Selasa ini.(AYB)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: