Dahsyatnya Badai Siklom Thomas Terekam Video Amatir


Liputan 6

Liputan 6 – Jumat, 19 Maret

Liputan6.com, Vanua Levu: Badai Siklon Thomas yang menghantam Kepulauan Vanua Levu, Fiji, sejak beberapa terakhir ini, terus menimbulkan dampak bagi warganya. Dahsyatnya badai terekam dalam video amatir. Video yang ditayangkan salah satu stasiun televisi setempat, baru-baru ini, memperlihatkan tiupan angin berkekuatan mencapai 280 kilometer per jam tersebut mengakibatkan atap-atap rumah warga berterbangan.

Tak hanya itu, kerusakan juga tampak terjadi pada sejumlah infrastruktur dan fasilitas hampir di seluruh wilayah negara itu. Sedangkan jaringan air bersih, listrik, saluran pembuangan, dan layanan lainnya di kawasan Fiji Utara masih terganggu. Meski badai telah memasuki kategori empat dengan daya rusak yang cukup parah, korban tewas baru tercatat satu orang [baca: Badai Siklon Terjang Fiji, Satu Tewas].

Sementara itu, kendati jam malam di seluruh negara telah dihapus, Pemerintah Fiji tetap menyatakan keadaan darurat sehingga bantuan terhadap sedikitnya 130 ribu warga harus segera dilakukan. Terkait kondisi ini, Australia serta Selandia baru telah mengerahkan bantuan kemanusiaan ke negara itu. Bandar udara di Kota Labasa yang sempat ditutup sejak Selasa lalu kini telah dibuka kembali guna mempercepat proses bantuan.

Badai yang mulai menghantam sejak Jumat lalu setidaknya telah memporak-porandakan sejumlah wilayah kepulauan di bagian utara negara itu, seperti Kepulauan Lau, Lomaiviti, dan Vanua Levu.(BOG)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: