PSSI Habiskan Rp 150 Miliar Setahun


Nurdin Halid

VIVAnews – Kepengurusan PSSI di bawah Nurdin Halid menghabiskan dana antara Rp 125-150 miliar setahun. Namun, Nurdin membantah pernah menggunakan dana yang berasal dari APBN.

“Selama kepengurusan saya, PSSI tidak pernah mendapat sepeser pun dana dari APBN,” kata Nurdin kepada PSSI di Senayan, Jakarta, Rabu 17 Maret 2010.

Nurdin menjelaskan, setiap tahun PSSI membutuhkan dana antara Rp 60-70 miliar untuk menggelar kompetisi nasional (Liga Super Indonesia dan Divisi Utama). Sedangkan dana untuk timnas mencapai Rp 35 miliar setahun.

“Untuk dua kegiatan itu saja sudah mencapai Rp 105 miliar. Belum lagi kompetisi amatir seperti divisi satu, dua dan tiga,” beber Nurdin.

Ditambahkan Nurdin, sejak  kepengurusannya 2003 lalu, PSSI belum sekalipun menggunakan dana APBN. Kalaupun ada, jumlahnya kecil dan diterima melalui KONI.

“Kami memang pernah mendapat bantuan dari pemerintah lewat KONI saat menggelar Piala Asia 2007 lalu. Jumlahnya, sekitar Rp 10 Miliar. Semua itu juga sudah dipertanggungjawabkan,” kata Nurdin.

“Kabarnya juga ada dana APBN sebesar Rp 120 juta yang masuk ke PSSI. Namun sekali lagi saya katakan, dana ini tidak kami dapat dari pemerintah langsung melainkan lewat KONI,” tambahnya.

Disinggung mengenai transparansi laporan keuangan, Nurdin mengaku PSSI telah melakukannya. Setiap tahun PSSI bahkan selalu diaudit oleh lembaga audit independen.

“Namun, laporannya kan tidak harus kami sampaikan kepada publik. Tapi kalau kepada anggota, kami selalu melaporkan hasil audit ini setiap tahunnya dalam acara kongres,” pungkas Nurdin.

2 Tanggapan so far »

  1. 1

    PSSI harus di audit biar jelas kemana larinya uang2 tersebut

  2. 2

    headshot said,

    masih ada aja tuh org….!!!!


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: