Beranikah PSSI Setegas UEFA?


Aksi perusakan oleh suporter bola di Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta: Para suporter Persija, yang dikenal dengan nama Jakmania, kemarin tidak bisa memasuki Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta. Mereka yang tak bertiket lantas melempari polisi dan sesama pendukung Persija yang berhasil memasuki arena sepakbola [baca: Jakmania Bentrok dengan Polisi].

Beberapa di antara pendukung ternyata tidak murni lagi menonton pertandingan tim idolanya. Polisi menyita barang bukti berupa senjata tajam dan minuman keras. Seorang suporter yang kedapatan membawa narkotik dan obat-obatan berbahaya alias narkoba dikejar polisi [baca: Bawa Senjata Tajam, Puluhan Jakmania Ditangkap].

Ulah pendukung anarkis ini belum termasuk perusakan fasilitas umum serta kemacetan yang mereka buat. Siapa pun bisa menjadi korban kekerasan suporter bola. Ini juga yang disayangkan masyarakat umum, entah mau mendukung antusias suporter atau malah harus waspada kalau-kalau menjadi korban.

Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) harusnya mencontoh Badan Sepakbola Eropa (UEFA). Mereka menghukum Liverpool karena ulah pendukungnya dalam final Piala Champions 1985 melawan Juventus di Stadion Heysel, Brussels, Belgia. Pendukung The Reds menyerbu suporter La Vecchia Signora yang terimpit oleh tembok stadion. Akibatnya, sebanyak 39 tifosi Juventus tewas tertimpa tembok yang roboh.

UEFA tidak mempedulikan status Liverpool sebagai salah satu klub kaya raya terbesar di Eropa. Bahkan, Perdana Menteri Inggris saat itu, Margaret Thacher mendukung sanksi hukuman tidak boleh bertanding selama lima tahun tersebut.

PSSI tentu punya wewenang dalam menjatuhkan sanksi. Persoalannya adalah kemauan dan keberanian mengggunakan wewenang untuk menghukum para pembuat onar.(OMI/ANS)

2 Tanggapan so far »

  1. 1

    masih jauh kali ya….

  2. 2

    sedjatee said,

    semoga PSSI bisa mengambil hikmah tulisan ini..
    Salam sukses selalu…

    Sedj
    http://sedjatee.wordpress.com


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: